Rabu, 20 Oktober 2010

Pentingnya Menabung Kalsium Sejak Dini

         Setiap orang berkeinginan untuk mempunyai tabungan. Apapun bentuk barangnya pasti akan ditabung atau disimpannya. Apakah itu berupa uang, bahan makanan, dan sebagainya. Apalagi kalau demi kepentingan masa depan. Uang ditabung agar tak miskin atau pada saat kita membutuhkan sesuatu tak perlu berhutang, tapi cukup mengambil ditabungan. Begitupun dengan bahan makanan yang disimpan untuk dipergunakan pada masa datngnya paceklik. Pepatah mengatakan " Berakit-rakit ke hulu bersenang-senang kemudian ". Lalu mulai kapan kita menabung ? Kita dapat lakukan mulai dari nol, atau tak mempunyai apapun. Sikap hidup hemat dan lebih memilih sesuatu yang berkualitas serta tidak terbuai oleh kuantitas pola hidup, seperti inilah yang akan mengantarkan seseorang pada kehidupan yang mapan dan sehat lahir dan batin di hari tua.
         Begitupun dengan pola makan kita sehari-hari kita harus lebih memperhatikan kandungan gizi dari makanan. Salah satunya adalah makanan mengandung kalsium yang sangat berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang, baik pada usia balita atau di hari tua. Karena bila tidak kita biasakan menabung makanan yang berkalsium tentunya kita akan mengalami rasa sakit pada tulang atau terjadi pengeroposan tulang. Dalam istilah kedokteran dikenal " OSTEOPOROSIS ".
        Pengeroposan tuilang bukan hal yang mengerikan hal yang alamiah kita manusia menuju lansia. Namun bisa juga menyerang pada usia dini atau usia produktif. Penyakit ini ditemukan secara kebetulan misalnya saat kita mengangkat beban berat tiba-tiba merasa sakitpada tulang atau persendian.
        Tubuh aklan mengambil kalsium dari dalam tulang bila kebutuhan tidak terpenuhi dari makanan/minuman. Untuk itu di sarankan bagi wanita jauh-jauh hari untuk menabung khusus kebutuhan gizi tulang.
       Beberapa ini ada beberapa faktor penyebab pengeroposan tulang yang dapat menyerang kita kenali ,bila salah satu faktor tersebut kita kenali pernah mengalami atau memilikinya.
  1.  Genetika 
  2.  Usia 
  3.  Individual 
  4.  Patah tulang 
  5.  Alkohol, kafein, dan rokok
  6.  Aktivitas fisik kurang 
  7.  Makanan kurang kalsium 
  8.  Kesehatan yang kurang baik 
  9.  Minimnya pengetahuan 
           Menuryt dr. Erni Marjuni, Sp.Pd dari RSUD Cibinong menyatakan untuk membentuk dan melindungi tulang dapat dilakukan dengan weight, bearing, exercises ( senam, jalan, dansa ).

       Selain itu 5 hal penting untuk menabung kalsium, diantaranya :
  1. Cukup konsumsi kalsium 
  2. Suplemen kalsium 
  3. Cukup vitamin D 
  4. Kurangi kafein , alkohol ,protein 
  5. Susu rendah lemak 
      " Minumlah 2 gelas susu berkalsium tinggi setiap hari mengembalikan sebagian kalisum ibu yang dicuri waktu anak masa kecil dulu. "


SUMBER MAJALAH KELUARGA

1 komentar: